Sabtu, 29 Januari 2011
Mengapa Masih Ragu untuk Berislam?
14.09
fabdoels
No comments
Apakah kita menunggu segala sesuatu dalam Islam dibuktikan oleh ilmiah? Belumkah cukup semua tanda-tanda di alam nyata ini membuktikan kebenaran-Nya untuk kita yakini dan pedomani?
Islam mengajarkan – lebih daripada keyakinan dan agama lainnya – tentang kehidupan. Islam memberikan petunjuk kepada manusia, mulai dari yang sifatnya pribadi kepada Penciptanya, yang sifatnya sosial dengan sesama manusia, hingga yang sifatnya ekologis dengan lingkungan sekitarnya. Islam juga memberikan pedoman tentang kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur, hendak tidur, urusan di kamar mandi, hingga urusan perkawinan dan rumah tangga secara detail.
Kalau Anda mencari bagaimana membagi warisan dengan adil (bukan sama rata), atau mengurus hutang piutang, atau perihal ketatanegaraan, juga bisa Anda temukan dalam Islam.
Ataukah jiwa ini terasa tertekan? Pikiran senantiasa gelisah, dan hati tak tenang? Islam menyediakan solusi menenangkan jiwa. Karena Islam menyadari, manusia tak hanya terdiri dari tubuh lahiriah saja, tapi juga akal pikiran dan hati yang kesemuanya juga memiliki hak untuk diberi makan. Maka, “rasa lapar” jiwa itulah yang salah satunya diwujudkan dalam kegelisahan. Dia butuh “nutrisi” jiwa. Dan Islam menyediakannya, Rasulullah memberikan teladannya.
Ataukah masyarakat di sekitar Anda punya masalah moralitas? Banyak penculikan, pencurian, perampokan, pembunuhan, atau pelacuran (baik yang secara sadar – Wanita Tuna Susila, maupun yang tak sadar – wanita-wanita berpakaian terbuka dan ketat)? Islam memberikan pedoman, bagaimana menata moral agar tidak putus asa dan mencuri ketika terlilit masalah keuangan. Islam menghadirkan aturan, bagaimana saling menjaga diri antara pria dan wanita, sehingga tak saling melecehkan.
Bahkan untuk pembunuhan, Islam pun memberikan pilihan, dengan tiap pilihan memiliki konsekuensinya, apakah si pelaku diampuni oleh keluarga korban, atau tidak.
Banyak muallaf (orang yang baru berpindah agama menjadi seorang Muslim) yang dengan sukarela menjadi muslim karena beberapa hal, di antaranya:
Bagi Anda yang masih ragu dengan Islam, atau sudah berislam tapi belum bisa sepenuhnya menjalankan ajarannya dan masih “naik turun”, teruslah mencari tahu, dan belajar. Terlalu banyak hikmah yang terserak di pelataran khazanah Islam, bahkan ibadahnya pun membawa manfaat bagi manusia sendiri.
Buang jauh-jauh segala bayangan negatif tentang Islam, karena saya yakin, bayangan negatif itu tercipta dari opini publik, terbentuk oleh kekuatan massa; televisi, koran, majalah, artikel, yang sering menyudutkan Islam hanya karena terdengar “aneh”.
Kalau Anda memang yakin ada Sang Pencipta, maka mohonlah kepada-Nya, agar ditunjukkan kebenaran yang sejati. Lalu berusahalah untuk mencarinya (jangan hanya berdoa dan menunggu kebenaran mengetuk hati kita). Temuilah orang, bacalah buku, dan renungkanlah. Realita kehidupan sudah tersedia untuk kita bandingkan, mana yang merupakan kebaikan, dan mana yang keburukan.
Kalau boleh meminjam istilah asing, Islam adalah agama yang paling “humanis”, diturunkan dari langit, tapi sudah disesuaikan dengan kondisi manusia, sehingga akan selalu pantas dan patut untuk zaman apapun. Fitrah itu tetap, tetapi manusianya yang senang mengubah-ubahnya. Dan tentu saja, manusia akan gelisah dan bisa hancur sendiri kalau fitrah itu dilencengkan dari yang seharusnya. Dan Islam menjaga agar fitrah kemanusiaan itu tetap lurus.
Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, (QS Ar-Ruum (30): ayat 30).
Tidak ada paksaan dalam (memasuki) agama (Islam); (karena) sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. (QS Al Baqoroh (2): ayat 256).
sumber
http://fadhlijauhari.wordpress.com/2011/01/20/mengapa-masih-ragu-untuk-berislam/
Islam mengajarkan – lebih daripada keyakinan dan agama lainnya – tentang kehidupan. Islam memberikan petunjuk kepada manusia, mulai dari yang sifatnya pribadi kepada Penciptanya, yang sifatnya sosial dengan sesama manusia, hingga yang sifatnya ekologis dengan lingkungan sekitarnya. Islam juga memberikan pedoman tentang kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur, hendak tidur, urusan di kamar mandi, hingga urusan perkawinan dan rumah tangga secara detail.
Kalau Anda mencari bagaimana membagi warisan dengan adil (bukan sama rata), atau mengurus hutang piutang, atau perihal ketatanegaraan, juga bisa Anda temukan dalam Islam.
Ataukah jiwa ini terasa tertekan? Pikiran senantiasa gelisah, dan hati tak tenang? Islam menyediakan solusi menenangkan jiwa. Karena Islam menyadari, manusia tak hanya terdiri dari tubuh lahiriah saja, tapi juga akal pikiran dan hati yang kesemuanya juga memiliki hak untuk diberi makan. Maka, “rasa lapar” jiwa itulah yang salah satunya diwujudkan dalam kegelisahan. Dia butuh “nutrisi” jiwa. Dan Islam menyediakannya, Rasulullah memberikan teladannya.
Ataukah masyarakat di sekitar Anda punya masalah moralitas? Banyak penculikan, pencurian, perampokan, pembunuhan, atau pelacuran (baik yang secara sadar – Wanita Tuna Susila, maupun yang tak sadar – wanita-wanita berpakaian terbuka dan ketat)? Islam memberikan pedoman, bagaimana menata moral agar tidak putus asa dan mencuri ketika terlilit masalah keuangan. Islam menghadirkan aturan, bagaimana saling menjaga diri antara pria dan wanita, sehingga tak saling melecehkan.
Bahkan untuk pembunuhan, Islam pun memberikan pilihan, dengan tiap pilihan memiliki konsekuensinya, apakah si pelaku diampuni oleh keluarga korban, atau tidak.
Banyak muallaf (orang yang baru berpindah agama menjadi seorang Muslim) yang dengan sukarela menjadi muslim karena beberapa hal, di antaranya:
- Menemukan cara yang cocok untuk menenangkan jiwa yang selama ini dirundung gelisah karena tak punya arah dan tujuan hidup.
- Mendapatkan kejelasan tentang pertanyaan-pertanyaan mendasar kehidupan yang selama ini tak ia temukan di dalam agama lamanya. Mungkin saja dengan berdiskusi atau membaca buku.
- Takjub karena menemukan kebenaran ilmiah yang ia temukan dalam Islam, dan tak ia temukan sandarannya pada kehidupan sebelumnya. Ini sering terjadi pada para ilmuwan.
- Tergugah dengan kepribadian islami yang ditunjukkan seorang muslim yang ia kenal, sehingga mengikis kekeliruan pemahaman tentang gambaran (stereotip) muslim yang keras, kaku, dan kolot.
- Memiliki jiwa kritis, dan menemukan kepuasan batin karena jiwa kritisnya bisa dipenuhi ketika berhadapan dengan kebenaran Islam. Tapi jiwa kritis ini adalah pembawaan, bukan karena baru saja membaca buku-buku ideologis. Jiwa kritis ini lahir dari hati yang jernih dan haus kebenaran, bukan dari pikiran yang sudah dipenuhi oleh paham-paham buatan manusia yang ia baca dari buku-buku.
Bagi Anda yang masih ragu dengan Islam, atau sudah berislam tapi belum bisa sepenuhnya menjalankan ajarannya dan masih “naik turun”, teruslah mencari tahu, dan belajar. Terlalu banyak hikmah yang terserak di pelataran khazanah Islam, bahkan ibadahnya pun membawa manfaat bagi manusia sendiri.
Buang jauh-jauh segala bayangan negatif tentang Islam, karena saya yakin, bayangan negatif itu tercipta dari opini publik, terbentuk oleh kekuatan massa; televisi, koran, majalah, artikel, yang sering menyudutkan Islam hanya karena terdengar “aneh”.
Kalau Anda memang yakin ada Sang Pencipta, maka mohonlah kepada-Nya, agar ditunjukkan kebenaran yang sejati. Lalu berusahalah untuk mencarinya (jangan hanya berdoa dan menunggu kebenaran mengetuk hati kita). Temuilah orang, bacalah buku, dan renungkanlah. Realita kehidupan sudah tersedia untuk kita bandingkan, mana yang merupakan kebaikan, dan mana yang keburukan.
Kalau boleh meminjam istilah asing, Islam adalah agama yang paling “humanis”, diturunkan dari langit, tapi sudah disesuaikan dengan kondisi manusia, sehingga akan selalu pantas dan patut untuk zaman apapun. Fitrah itu tetap, tetapi manusianya yang senang mengubah-ubahnya. Dan tentu saja, manusia akan gelisah dan bisa hancur sendiri kalau fitrah itu dilencengkan dari yang seharusnya. Dan Islam menjaga agar fitrah kemanusiaan itu tetap lurus.
Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, (QS Ar-Ruum (30): ayat 30).
Tidak ada paksaan dalam (memasuki) agama (Islam); (karena) sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. (QS Al Baqoroh (2): ayat 256).
sumber
http://fadhlijauhari.wordpress.com/2011/01/20/mengapa-masih-ragu-untuk-berislam/
PEMBOHONGAN MEDIA – KAPTEN AHMAD PATTIMURA
14.06
fabdoels
No comments
السلام عليكم . بِسْــــمِ ï·²ِالرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِيم.لا إله إلاَّ الله.Ù…Øمد رسو Ù„ الله
الØمد لله رب العا لمين. الصلاة Ùˆ السلام على رسو Ù„ الله.اما بعد
Tokoh Muslim ini sebenarnya bernama Ahmad Lussy, tetapi dia lebih dikenal dengan Thomas Mattulessy yang identik Kristen. Inilah Salah satu contoh deislamisasi dan penghianatan kaum minor atas sejarah pejuang Muslim di Maluku dan/atau Indonesia umumnya.
Nunu oli
Nunu seli
Nunu karipatu
Patue karinunu
(Saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah beringin besar dan
setiap beringin besar akan tumbang tapi beringin lain akan menggantinya
(demikian pula) saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah batu besar
dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantinya).
Ucapan-ucapan puitis yang penuh tamsil itu diucapkan oleh Kapitan Ahmad Lussy atau dikenal dengan sebutan Pattimura, pahlawan dari Maluku. Saat itu, 16 Desember 1817, tali hukuman gantung telah terlilit di lehernya. Dari ucapan-ucapannya, tampak bahwa Ahmad Lussy seorang patriot yang berjiwa besar. Dia tidak takut ancaman maut.
Wataknya teguh, memiliki kepribadian dan harga diri di hadapan musuh. Ahmad Lussy juga tampak optimis. Namun keberanian dan patriotisme Pattimura itu terdistorsi oleh penulisan sejarah versi pemerintah. M Sapija, sejarawan yang pertama kali menulis buku tentang Pattimura, mengartikan ucapan di ujung maut itu dengan “Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit”. Namun menurut M Nour Tawainella, juga seorang sejarawan, penafsiran Sapija itu tidak pas karena warna tata bahasa Indonesianya terlalu modern dan berbeda dengan konteks budaya zaman itu.
Di bagian lain, Sapija menafsirkan, “Selamat tinggal saudara-saudara”, atau “Selamat tinggal tuang-tuang”. Inipun disanggah Tawainella. Sebab, ucapan seperti itu bukanlah tipikal Pattimura yang patriotik dan optimis. Puncak kontroversi tentang siapa Pattimura adalah penyebutan Ahmad Lussy dengan nama Thomas Mattulessy, dari nama seorang Muslim menjadi seorang Kristen. Hebatnya, masyarakat lebih percaya kepada predikat Kristen itu, karena Maluku sering diidentikkan dengan Kristen.
Muslim Taat
Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukan Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versi pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini dikenal pula dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah/Asisten Allah). Dalam bahasa Maluku disebut Kasimiliali.
Menurut sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara, Pattimura adalah seorang Muslim yang taat. Selain keturunan bangsawan, ia juga seorang ulama. Data sejarah menyebutkan bahwa pada masa itu semua pemimpin perang di kawasan Maluku adalah bangsawan atau ulama, atau keduanya.
Bandingkan dengan buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit. M Sapija menulis, “Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau bukan nama orang tetapi nama sebuah negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan”.
Ada kejanggalan dalam keterangan di atas. Sapija tidak menyebut Sahulau itu adalah kesultanan. Kemudian ada penipuan dengan menambahkan marga Pattimura Mattulessy. Padahal di negeri Sahulau tidak ada marga Pattimura atau Mattulessy. Di sana hanya ada marga Kasimiliali yang leluhur mereka adalah Sultan Abdurrahman.
Jadi asal nama Pattimura dalam buku sejarah nasional adalah karangan dari Sapija. Sedangkan Mattulessy bukanlah marga melainkan nama, yaitu Ahmad Lussy. Dan Thomas Mattulessy sebenarnya tidak pernah ada di dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku.
Berbeda dengan Sapija, Mansyur Suryanegara berpendapat bahwa Pattimura itu marga yang masih ada sampai sekarang. Dan semua orang yang bermarga Pattimura sekarang ini beragama Islam. Orang-orang tersebut mengaku ikut agama nenek moyang mereka yaitu Pattimura.
Masih menurut Mansyur, mayoritas kerajaan-kerajaan di Maluku adalah kerajaan Islam. Di antaranya adalah kerajaan Ambon, Herat, dan Jailolo. Begitu banyaknya kerajaan sehingga orang Arab menyebut kawasan ini dengan Jaziratul Muluk (Negeri Raja-raja). Sebutan ini kelak dikenal dengan Maluku.
Mansyur pun tidak sependapat dengan Maluku dan Ambon yang sampai kini diidentikkan dengan Kristen. Penulis buku Menemukan Sejarah (yang menjadi best seller) ini mengatakan, “Kalau dibilang Ambon itu lebih banyak Kristen, lihat saja dari udara (dari pesawat), banyak masjid atau banyak gereja. Kenyataannya, lebih banyak menara masjid daripada gereja.”
Sejarah tentang Pattimura yang ditulis M Sapija, dari sudut pandang antropologi juga kurang meyakinkan. Misalnya dalam melukiskan proses terjadi atau timbulnya seorang kapitan. Menurut Sapija, gelar kapitan adalah pemberian Belanda. Padahal tidak.
Leluhur bangsa ini, dari sudut sejarah dan antropologi, adalah homo religiosa (makhluk agamis). Keyakinan mereka terhadap sesuatu kekuatan di luar jangkauan akal pikiran mereka, menimbulkan tafsiran yang sulit dicerna rasio modern. Oleh sebab itu, tingkah laku sosialnya dikendalikan kekuatan-kekuatan alam yang mereka takuti.
Jiwa mereka bersatu dengan kekuatan-kekuatan alam, kesaktian-kesaktian khusus yang dimiliki seseorang. Kesaktian itu kemudian diterima sebagai sesuatu peristiwa yang mulia dan suci. Bila ia melekat pada seseorang, maka orang itu adalah lambang dari kekuatan mereka. Dia adalah pemimpin yang dianggap memiliki kharisma. Sifat-sifat itu melekat dan berproses turun-temurun. Walaupun kemudian mereka sudah memeluk agama, namun secara genealogis/silsilah/keturunan adalah turunan pemimpin atau kapitan. Dari sinilah sebenarnya sebutan “kapitan” yang melekat pada diri Pattimura itu bermula.
Perjuangan Kapitan Ahmad Lussy Perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintahan kolonial Hindia Belanda disebabkan beberapa hal. Pertama, adanya kekhawatiran dan kecemasan rakyat akan timbulnya kembali kekejaman pemerintah seperti yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie).
Kedua, Belanda menjalankan praktik-praktik lama yang dijalankan VOC, yaitu monopoli perdagangan dan pelayaran Hongi. Pelayaran Hongi adalah polisi laut yang membabat pertanian hasil bumi yang tidak mau menjual kepada Belanda. Ketiga, rakyat dibebani berbagai kewajiban berat, seperti kewajiban kerja, penyerahan ikan asin, dendeng, dan kopi.
Akibat penderitaan itu maka rakyat Maluku bangkit mengangkat senjata. Pada tahun 1817, perlawanan itu dikomandani oleh Kapitan Ahmad Lussy. Rakyat berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Bahkan residennya yang bernama Van den Bergh terbunuh. Perlawanan meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.
Perlawanan rakyat di bawah komando Kapitan Ahmad Lussy itu terekam dalam tradisi lisan Maluku yang dikenal dengan petatah-petitih. Tradisi lisan ini justru lebih bisa dipertanggung jawabkan daripada data tertulis dari Belanda yang cenderung menyudutkan pahlawan Indonesia. Di antara petatah-petitih itu adalah sebagai berikut:
Yami PatasiwaYami PatalimaYami Yama’a Kapitan Mat LussyMatulu lalau hato SapambuineMa Parang kua KompaniaYami yama’a Kapitan Mat LussyIsa Nusa messeHario,Hario,Manu rusi’a yare uleu uleu ‘oManu yasamma yare uleu-uleu ‘oTalano utala yare uleu-uleu ‘oMelano lette tuttua murineYami malawan sua mena miyoYami malawan sua muri neyo
(Kami PatasiwaKami PatalimaKami semua dipimpin Kapitan Ahmad LussySemua turun ke kota SaparuaBerperang dengan Kompeni BelandaKami semua dipimpin Kapitan Ahmad LussyMenjaga dan mempertahankanSemua pulau-pulau iniTapi pemimpin sudah dibawa ditangkapMari pulang semuaKe kampung halaman masing-masingBurung-burung garuda (laskar-laskar Hualoy)Sudah pulang-sudah pulangBurung-burung talang (laskar-laskar sekutu pulau-pulau)Sudah pulang-sudah pulangKe kampung halaman merekaDi balik NunusakuKami sudah perang dengan BelandaMengepung mereka dari depanMengepung mereka dari belakangKami sudah perang dengan BelandaMemukul mereka dari depanMemukul mereka dari belakang)
Berulangkali Belanda mengerahkan pasukan untuk menumpas perlawanan rakyat Maluku, tetapi berulangkali pula Belanda mendapat pukulan berat. Karena itu Belanda meminta bantuan dari pasukan yang ada di Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda semakin kuat dan perlawanan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya Ahmad Lussy dan kawan-kawan tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817 Ahmad Lussy beserta kawan-kawannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan.
Nama Pattimura sampai saat ini tetap harum. Namun nama Thomas Mattulessy lebih dikenal daripada Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Menurut Mansyur Suryanegara, memang ada upaya-upaya deislamisasi dalam penulisan sejarah. Ini mirip dengan apa yang terjadi terhadap Wong Fei Hung di Cina. Pemerintah nasionalis-komunis Cina berusaha menutupi keislaman Wong Fei Hung, seorang Muslim yang penuh izzah (harga diri) sehingga tidak menerima hinaan dari orang Barat. Dalam film Once Upon A Time in China, tokoh kharismatik ini diperankan aktor ternama Jet Li.
الØمد لله رب العا لمين. الصلاة Ùˆ السلام على رسو Ù„ الله.اما بعد
Tokoh Muslim ini sebenarnya bernama Ahmad Lussy, tetapi dia lebih dikenal dengan Thomas Mattulessy yang identik Kristen. Inilah Salah satu contoh deislamisasi dan penghianatan kaum minor atas sejarah pejuang Muslim di Maluku dan/atau Indonesia umumnya.
Nunu oli
Nunu seli
Nunu karipatu
Patue karinunu
(Saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah beringin besar dan
setiap beringin besar akan tumbang tapi beringin lain akan menggantinya
(demikian pula) saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah batu besar
dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantinya).
Ucapan-ucapan puitis yang penuh tamsil itu diucapkan oleh Kapitan Ahmad Lussy atau dikenal dengan sebutan Pattimura, pahlawan dari Maluku. Saat itu, 16 Desember 1817, tali hukuman gantung telah terlilit di lehernya. Dari ucapan-ucapannya, tampak bahwa Ahmad Lussy seorang patriot yang berjiwa besar. Dia tidak takut ancaman maut.
Wataknya teguh, memiliki kepribadian dan harga diri di hadapan musuh. Ahmad Lussy juga tampak optimis. Namun keberanian dan patriotisme Pattimura itu terdistorsi oleh penulisan sejarah versi pemerintah. M Sapija, sejarawan yang pertama kali menulis buku tentang Pattimura, mengartikan ucapan di ujung maut itu dengan “Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit”. Namun menurut M Nour Tawainella, juga seorang sejarawan, penafsiran Sapija itu tidak pas karena warna tata bahasa Indonesianya terlalu modern dan berbeda dengan konteks budaya zaman itu.
Di bagian lain, Sapija menafsirkan, “Selamat tinggal saudara-saudara”, atau “Selamat tinggal tuang-tuang”. Inipun disanggah Tawainella. Sebab, ucapan seperti itu bukanlah tipikal Pattimura yang patriotik dan optimis. Puncak kontroversi tentang siapa Pattimura adalah penyebutan Ahmad Lussy dengan nama Thomas Mattulessy, dari nama seorang Muslim menjadi seorang Kristen. Hebatnya, masyarakat lebih percaya kepada predikat Kristen itu, karena Maluku sering diidentikkan dengan Kristen.
Muslim Taat
Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukan Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versi pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini dikenal pula dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah/Asisten Allah). Dalam bahasa Maluku disebut Kasimiliali.
Menurut sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara, Pattimura adalah seorang Muslim yang taat. Selain keturunan bangsawan, ia juga seorang ulama. Data sejarah menyebutkan bahwa pada masa itu semua pemimpin perang di kawasan Maluku adalah bangsawan atau ulama, atau keduanya.
Bandingkan dengan buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit. M Sapija menulis, “Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau bukan nama orang tetapi nama sebuah negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan”.
Ada kejanggalan dalam keterangan di atas. Sapija tidak menyebut Sahulau itu adalah kesultanan. Kemudian ada penipuan dengan menambahkan marga Pattimura Mattulessy. Padahal di negeri Sahulau tidak ada marga Pattimura atau Mattulessy. Di sana hanya ada marga Kasimiliali yang leluhur mereka adalah Sultan Abdurrahman.
Jadi asal nama Pattimura dalam buku sejarah nasional adalah karangan dari Sapija. Sedangkan Mattulessy bukanlah marga melainkan nama, yaitu Ahmad Lussy. Dan Thomas Mattulessy sebenarnya tidak pernah ada di dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku.
Berbeda dengan Sapija, Mansyur Suryanegara berpendapat bahwa Pattimura itu marga yang masih ada sampai sekarang. Dan semua orang yang bermarga Pattimura sekarang ini beragama Islam. Orang-orang tersebut mengaku ikut agama nenek moyang mereka yaitu Pattimura.
Masih menurut Mansyur, mayoritas kerajaan-kerajaan di Maluku adalah kerajaan Islam. Di antaranya adalah kerajaan Ambon, Herat, dan Jailolo. Begitu banyaknya kerajaan sehingga orang Arab menyebut kawasan ini dengan Jaziratul Muluk (Negeri Raja-raja). Sebutan ini kelak dikenal dengan Maluku.
Mansyur pun tidak sependapat dengan Maluku dan Ambon yang sampai kini diidentikkan dengan Kristen. Penulis buku Menemukan Sejarah (yang menjadi best seller) ini mengatakan, “Kalau dibilang Ambon itu lebih banyak Kristen, lihat saja dari udara (dari pesawat), banyak masjid atau banyak gereja. Kenyataannya, lebih banyak menara masjid daripada gereja.”
Sejarah tentang Pattimura yang ditulis M Sapija, dari sudut pandang antropologi juga kurang meyakinkan. Misalnya dalam melukiskan proses terjadi atau timbulnya seorang kapitan. Menurut Sapija, gelar kapitan adalah pemberian Belanda. Padahal tidak.
Leluhur bangsa ini, dari sudut sejarah dan antropologi, adalah homo religiosa (makhluk agamis). Keyakinan mereka terhadap sesuatu kekuatan di luar jangkauan akal pikiran mereka, menimbulkan tafsiran yang sulit dicerna rasio modern. Oleh sebab itu, tingkah laku sosialnya dikendalikan kekuatan-kekuatan alam yang mereka takuti.
Jiwa mereka bersatu dengan kekuatan-kekuatan alam, kesaktian-kesaktian khusus yang dimiliki seseorang. Kesaktian itu kemudian diterima sebagai sesuatu peristiwa yang mulia dan suci. Bila ia melekat pada seseorang, maka orang itu adalah lambang dari kekuatan mereka. Dia adalah pemimpin yang dianggap memiliki kharisma. Sifat-sifat itu melekat dan berproses turun-temurun. Walaupun kemudian mereka sudah memeluk agama, namun secara genealogis/silsilah/keturunan adalah turunan pemimpin atau kapitan. Dari sinilah sebenarnya sebutan “kapitan” yang melekat pada diri Pattimura itu bermula.
Perjuangan Kapitan Ahmad Lussy Perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintahan kolonial Hindia Belanda disebabkan beberapa hal. Pertama, adanya kekhawatiran dan kecemasan rakyat akan timbulnya kembali kekejaman pemerintah seperti yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie).
Kedua, Belanda menjalankan praktik-praktik lama yang dijalankan VOC, yaitu monopoli perdagangan dan pelayaran Hongi. Pelayaran Hongi adalah polisi laut yang membabat pertanian hasil bumi yang tidak mau menjual kepada Belanda. Ketiga, rakyat dibebani berbagai kewajiban berat, seperti kewajiban kerja, penyerahan ikan asin, dendeng, dan kopi.
Akibat penderitaan itu maka rakyat Maluku bangkit mengangkat senjata. Pada tahun 1817, perlawanan itu dikomandani oleh Kapitan Ahmad Lussy. Rakyat berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Bahkan residennya yang bernama Van den Bergh terbunuh. Perlawanan meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.
Perlawanan rakyat di bawah komando Kapitan Ahmad Lussy itu terekam dalam tradisi lisan Maluku yang dikenal dengan petatah-petitih. Tradisi lisan ini justru lebih bisa dipertanggung jawabkan daripada data tertulis dari Belanda yang cenderung menyudutkan pahlawan Indonesia. Di antara petatah-petitih itu adalah sebagai berikut:
Yami PatasiwaYami PatalimaYami Yama’a Kapitan Mat LussyMatulu lalau hato SapambuineMa Parang kua KompaniaYami yama’a Kapitan Mat LussyIsa Nusa messeHario,Hario,Manu rusi’a yare uleu uleu ‘oManu yasamma yare uleu-uleu ‘oTalano utala yare uleu-uleu ‘oMelano lette tuttua murineYami malawan sua mena miyoYami malawan sua muri neyo
(Kami PatasiwaKami PatalimaKami semua dipimpin Kapitan Ahmad LussySemua turun ke kota SaparuaBerperang dengan Kompeni BelandaKami semua dipimpin Kapitan Ahmad LussyMenjaga dan mempertahankanSemua pulau-pulau iniTapi pemimpin sudah dibawa ditangkapMari pulang semuaKe kampung halaman masing-masingBurung-burung garuda (laskar-laskar Hualoy)Sudah pulang-sudah pulangBurung-burung talang (laskar-laskar sekutu pulau-pulau)Sudah pulang-sudah pulangKe kampung halaman merekaDi balik NunusakuKami sudah perang dengan BelandaMengepung mereka dari depanMengepung mereka dari belakangKami sudah perang dengan BelandaMemukul mereka dari depanMemukul mereka dari belakang)
Berulangkali Belanda mengerahkan pasukan untuk menumpas perlawanan rakyat Maluku, tetapi berulangkali pula Belanda mendapat pukulan berat. Karena itu Belanda meminta bantuan dari pasukan yang ada di Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda semakin kuat dan perlawanan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya Ahmad Lussy dan kawan-kawan tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817 Ahmad Lussy beserta kawan-kawannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan.
Nama Pattimura sampai saat ini tetap harum. Namun nama Thomas Mattulessy lebih dikenal daripada Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Menurut Mansyur Suryanegara, memang ada upaya-upaya deislamisasi dalam penulisan sejarah. Ini mirip dengan apa yang terjadi terhadap Wong Fei Hung di Cina. Pemerintah nasionalis-komunis Cina berusaha menutupi keislaman Wong Fei Hung, seorang Muslim yang penuh izzah (harga diri) sehingga tidak menerima hinaan dari orang Barat. Dalam film Once Upon A Time in China, tokoh kharismatik ini diperankan aktor ternama Jet Li.
Minggu, 23 Januari 2011
atlantis itu indonesia?
09.15
fabdoels
No comments
BENUA ATLANTIS ITU (TERNYATA) INDONESIA
Oleh Prof. Dr. H. PRIYATNA ABDURRASYID, Ph.D.
MUSIBAH alam beruntun dialamiIndonesia. Mulai dari tsunami di Aceh hingga yang mutakhir semburan lumpur panas di Jawa Timur. Hal itu
mengingatkan kita pada peristiwa serupa di wilayah yang dikenal sebagai Benua Atlantis. Apakah ada hubungan antara Indonesia dan
Atlantis?
mengingatkan kita pada peristiwa serupa di wilayah yang dikenal sebagai Benua Atlantis. Apakah ada hubungan antara Indonesia dan
Atlantis?
Plato (427 – 347 SM) menyatakan bahwa puluhan ribu tahun lalu terjadi
berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa,
pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian
permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang
hilang atau Atlantis.
berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa,
pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian
permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang
hilang atau Atlantis.
Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Aryso Santos, menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato‘s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.
Konteks Indonesia
Bukan kebetulan ketika Indonesia pada tahun 1958, atas gagasan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja melalui UU no. 4 Perpu tahun 1960, mencetuskan Deklarasi Djoeanda. Isinya menyatakan bahwa negara
Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.
Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.
Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
Teori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene) . Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia(dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru/Sumeru/ Mahameru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saaitu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.
Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara peninjauan (watch tower), Atalaia (Potugis), Atalaya (Spanyol). Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lainnya. Plato menetapkan bahwa letak
Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh.
Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh.
Ocean berasal dari kata Sanskrit ashayana yang berarti mengelilingi secara menyeluruh. Pendapat itu kemudian ditentang oleh ahli-ahli di kemudian hari seperti Copernicus, Galilei-Galileo, Einstein, dan Stephen Hawking.
Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil itu berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantaibenua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.
Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, ”Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.”
Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.
Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui),
tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.
tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.
Bahwa Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis, tentu harus membuat kita bersyukur. Membuat kita tidak rendah diri di dalam pergaulan internasional, sebab Atlantis pada masanya ialah pusat peradaban dunia. Namun sebagai wilayah yang rawan bencana, sebagaimana telah dialami oleh Atlantis itu, sudah saatnya kita belajar dari sejarah dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir untuk dapat mengatasinya. ***
Penulis, Direktur Kehormatan International Institute of Space Law
(IISL), Paris-Prancis
(IISL), Paris-Prancis
Benua Atlantis &
Peradaban Awal Umat Manusia
Ada di Indonesia ?
Pengantar
JAKARTA, Republika, Sabtu, 18 Juni 2005
– Para peneliti AS menyatakan bahwa Atlantis is Indonesia. Hingga kini cerita tentang benua yang hilang ‘Atlantis’ masih terselimuti kabut misteri. Sebagian orang menganggap Atlantis cuma dongeng belaka, meski tak kurang 5.000 buku soal Atlantis telah ditulis oleh para pakar.
Bagi para arkeolog atau oceanografer moderen, Atlantis tetap merupakan obyek menarik terutama soal teka-teki dimana sebetulnya lokasi sang benua. Banyak ilmuwan menyebut benua Atlantis terletak di Samudera Atlantik.
Sebagian arkeolog Amerika Serikat (AS) bahkan meyakini benua Atlantis dulunya adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land, suatu wilayah yang kini ditempati Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Sekitar 11.600 tahun silam, benua itu tenggelam diterjang banjir besar seiring berakhirnya zaman es.
”Para peneliti AS ini menyatakan bahwa Atlantisis Indonesia,” kata Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Umar Anggara Jenny, Jumat (17/6), di sela-sela rencana gelaran ‘International Symposium on The Dispersal of Austronesian and the Ethnogeneses of the People in Indonesia Archipelago, 28-30 Juni 2005.
Kata Umar, dalam dua dekade terakhir memang diperoleh banyak temuan penting soal penyebaran dan asal usul manusia. Salah satu temuan penting ini adalah hipotesa adanya sebuah pulau besar sekali di Laut Cina Selatan yang tenggelam setelah zaman es.
Hipotesa itu, kata Umar, berdasarkan pada kajian ilmiah seiring makin mutakhirnya pengetahuan tentang arkeologimolekuler. Tema ini, lanjutnya, bahkan akan menjadi salah satu hal yang diangkat dalam simposium internasional di Solo, 28-30 Juni.
Menurut Umar, salah satu pulau penting yang tersisa dari benua Atlantis — jika memang benar — adalah Pulau Natuna, Riau. Berdasarkan kajian biomolekuler, penduduk asli Natuna diketahui memiliki gen yang mirip dengan bangsa Austronesia tertua.
Bangsa Austronesia diyakini memiliki tingkat kebudayaan tinggi, seperti bayangan tentang bangsa Atlantis yang disebut-sebut dalam mitos Plato. Ketika zaman es berakhir, yang ditandai tenggelamnya ‘benua Atlantis’, bangsa Austronesia menyebar ke berbagai penjuru.
Mereka lalu menciptakan keragaman budaya dan bahasa pada masyarakat lokal yang disinggahinya dalam tempo cepat yakni pada 3.500 sampai 5.000 tahun lampau. Kini rumpun Austronesia menempati separuh muka bumi.
Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), Harry Truman Simanjuntak, mengakui memang ada pendapat dari sebagian pakar yang menyatakan bahwa benua Atlantis terletak di Indonesia. Namun hal itu masih debatable.
Yang jelas, terang Harry, memang benar ada sebuah daratan besar yang dahulu kala bernama Sunda Land. Luas daratan itu kira-kira dua kali negara India. ”Benar, daratan itu hilang. Dan kini tinggal Sumatra, Jawa atau Kalimantan,” terang Harry. Menurut dia, sah-sah saja para ilmuwan mengatakan bahwa wilayah yang tenggelam itu adalah benua Atlantis yang hilang, meski itu masih menjadi perdebatan.
Dominasi Austronesia Menurut Umar Anggara Jenny, Austronesia sebagai rumpun bahasa merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah manusia. Rumpun ini memiliki sebaran yang paling luas, mencakup lebih dari 1.200 bahasa yang tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Bahasa tersebut kini dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang.
”Pertanyaannya dari mana asal-usul mereka? Mengapa sebarannya begitu meluas dan cepat yakni dalam 3500-5000 tahun yang lalu. Bagaimana cara adaptasinya sehingga memiliki keragaman budaya yang tinggi,” tutur Umar.
Salah satu teori, menurut Harry Truman, mengatakan penutur bahasa Austronesia berasal dari Sunda Land yang tenggelam di akhir zaman es. Populasi yang sudah maju, proto-Austronesia, menyebar hingga ke Asia daratan hingga ke Mesopotamia, mempengaruhi penduduk lokal dan mengembangkan peradaban. ”Tapi ini masih diperdebatan.
TAHUKAH KAMU?
Gunung-gunung itu menempel di bumi, dalam hal ini benua. Jadi, benua pun berjalan atau bergeser. Ini kata Allah. Gimana kata ilmuwan? Sudah dibuktikan secara ilmiah, lempeng benua itu berjalan (bergeser) tiap tahun sejauh 10-15 cm. Subhanallah...
Jalannya (Pergeseran) Benua
Allah Berfirman : "Dan apakah kamu kira gunung-gunung itu diam di tempat? Padahal gunung-gunung itu berjalan seperti jalannya awan..." (Q.S. an Naml : 88). Gunung-gunung itu menempel di bumi, dalam hal ini benua. Jadi, benua pun berjalan atau bergeser. Ini kata Allah. Gimana kata ilmuwan? Sudah dibuktikan secara ilmiah, lempeng benua itu berjalan (bergeser) tiap tahun sejauh 10-15 cm. Subhanallah...
sumber : http://ahmadsamantho.wordpress.com/2008/01/29/benua-atlantis-yang-hilang-itu-ternyata-indonesia/
connect with us
Archives
-
►
2012
(37)
- ► 22 Juli - 29 Juli (1)
- ► 22 April - 29 April (11)
- ► 25 Maret - 1 April (1)
- ► 15 Januari - 22 Januari (10)
-
▼
2011
(1342)
- ► 30 Oktober - 6 November (24)
- ► 23 Oktober - 30 Oktober (42)
- ► 16 Oktober - 23 Oktober (21)
- ► 9 Oktober - 16 Oktober (33)
- ► 2 Oktober - 9 Oktober (19)
- ► 24 Juli - 31 Juli (16)
- ► 17 Juli - 24 Juli (13)
- ► 10 Juli - 17 Juli (27)
- ► 3 Juli - 10 Juli (6)
- ► 26 Juni - 3 Juli (20)
- ► 19 Juni - 26 Juni (125)
- ► 12 Juni - 19 Juni (91)
- ► 5 Juni - 12 Juni (57)
- ► 29 Mei - 5 Juni (60)
- ► 22 Mei - 29 Mei (71)
- ► 15 Mei - 22 Mei (87)
- ► 8 Mei - 15 Mei (81)
- ► 1 Mei - 8 Mei (64)
- ► 24 April - 1 Mei (92)
- ► 17 April - 24 April (64)
- ► 10 April - 17 April (79)
- ► 3 April - 10 April (24)
- ► 27 Maret - 3 April (30)
- ► 20 Maret - 27 Maret (34)
- ► 13 Maret - 20 Maret (10)
- ► 6 Maret - 13 Maret (4)
-
►
2010
(32)
- ► 13 Juni - 20 Juni (1)
- ► 30 Mei - 6 Juni (1)
- ► 18 April - 25 April (1)
- ► 11 April - 18 April (1)