Kereta Api ini dinamakan Railbus. Menggunakan tenaga diesel, bentuknya hampir sama dengan KRDI (kereta rel diesel Indonesia) Banyubiru dan Kaligung. Bedanya, pada moncongnya. Railbus hampir mirip KA di Jepang. Kereta ini 80 persen buatan INKA. Sebenarnya bisa selesai dalam delapan bulan, tapi anggarannya dijadikan dua tahun anggaran,” kata Joko.
Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku optimistis pengelolaan railbus bisa maksimal sebagai model transportasi massal yang baru di Kota Bengawan.
Demikian disampaikan Rudy menanggapi komentar miring dari kalangan anggota DPRD yang menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih terlalu dini membutuhkan transportasi massal jenis railbus.”Kalau diawali dengan rasa pesimistis maka semua akan berjalan tidak maksimal di kemudian hari. Untuk itu, kita harus optimistis agar pengelolaan railbus ke depan bisa lebih baik,” tukas Rudy kepada wartawan seusai menghadiri sidang paripurna Nota Jawaban Walikota atas Pemandangan Umum Fraksi di Graha Paripurna.
Rudy
menegaskan bahwa railbus merupakan proyek jangka panjang. Dalam hal
ini, pihaknya tidak sepakat jika pengadaan railbus ini dinilai masih
terlalu dini. ”Justru dengan persiapan sedini mungkin itu nanti akan
membuat persiapan menjadi lebih matang,” tutur politisi dari PDI
Perjuangan ini.
interior minimalis:Dalam kesempatan itu, Rudy menerangkan bahwa pengadaan Railbus ini merupakan hibah murni dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senilai Rp 16 milliar. Rencananya, sebanyak tiga unit railbus akan diujicobakan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solo pada Februari mendatang. Dia mengakui, sejauh ini memang belum menjalin komunikasi dengan jajaran legislatif terkait adanya kucuran bantuan dari Kemenhub tersebut.
Kendati
belum dioperasikan, harga tiket railbus milik Pemkot Surakarta sudah
diumumkan. Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yosca Herman
Soedradjad, tarif kereta tersebut tak akan melebihi tiket KA Feeder
jurusan Solo-Wonogiri senilai Rp 2.500.“Ya setidaknya masih setara
dengan harga tiket Feeder,” kata Herman.
Dia menyatakan,
railbus yang didatangkan dari PT Inka Madiun ini baru dioperasikan
sekitar tiga bulan lagi. Pasalnya, sesuai permintaan Kementerian
Perhubungan (Kemenhub), desain interior, khususnya pada atap harus
ditinggikan. Karena itu, butuh waktu lagi untuk menambah proses
pengerjaan. Belum lagi, Pemkot harus mengantongi izin operasi railbus
sebagai moda transportasi umum.
Bahkan, Herman juga mengakui
bahwa perjalanan railbus dari Madiun menuju Kota Bengawan, Kamis (17/2)
malam, belum mengantongi izin. Namun, dia menyebut bahwa kereta
tersebut dapat dikategorikan sebagai KA Luar Biasa. “Meski belum ada
izin, tidak apa-apa. Kan ini sama halnya Kereta Luar Biasa (KLB),”
ungkapnya
Kereta – Kereta Api Paling Mewah lainnya:
Untuk menunjang kepariwisataan, PT. Kereta Api (Persero)
memberikan pelayanan carter kereta khusus wisata juga berbagai
keperluan seperti : rapat, pesta pernikahan, ulang tahun, dsb di atas
Kereta Api menuju berbagai kota tujuan.
Saat ini PT. Kereta
Api (Persero) menyediakan tiga kereta wisata,Ketiga kereta wisata
tersebut dapat dirangkaikan pada Kereta Api Reguler yang dilengkapi
dengan kereta pembangkit (listrik) berkekuatan minimal 300KVA, seperti
: KA Argobromo Anggrek, Argo lawu, Dwipangga, Argo Muria, Argo Gede,
Bima dan Sembrani.
Kereta Wisata Nusantara
Disebut kereta wisata Nusantara karena desain interior dan segala pernak – perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau nusantara, sehingga bila kita berada di dalam kereta ini dapat menikmati desain interior yang bernuansa nusantara.
Kereta
yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif
untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias,
lampu tidur dan wastafel.
Untuk melihat pemandangan luar arah
belakang secara leluasa tersedia balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang
ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, pendingin ruangan
(AC), kamar mandi (Toilet) juga tersedia di dalam kereta ini
Kereta Wisata Bali
Kereta ini interiornya di desain dan dilengkapi dengan ukiran dan lukisan yang bernuansa Pulau Dewata Bali. Bagi para turis yang menggunakan kereta ini sudah mendapat gambaran baik seni, budaya maupun keindahan pulau Bali. Melalui lukisan dan ukuran yang ditata dengan rapih dan apik dalam kereta. Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 memiliki 22 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dab 6 tempat duduk diruangan khusus (kabin). Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.
Kereta Wisata Toraja
Kereta wisata Toraja yang bernomor seri S67802 ini memiliki kapasitas 22 tempat duduk ekslusif, 16 tempat duduk di Meeting Room dan 6 tempat duduk diruang khusus (kabin) serta dilengkapi Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video, pendingin ruangan (AC). Dinamakan Kereta Wisata Toraja karena desain interior serta ukiran dan lukisan di sekitar dinding kereta menggambarkan seni dan budaya daerah Toraja.
sumber : adaapasekarang.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar
setelah baca, jangan lupa komentar ya.....