visitor

Minggu, 12 Juni 2011

Ilmuwan Italia Temukan Fosil "Sapi Laut" di Filipina

Ilmuwan Italia telah menemukan tulang dari spesies sapi laut (sirenia) yang hidup 20 juta tahun yang lalu di Filipina.

"Batuan kapur yang berada di atas air pada sungai bawah tanah di pulau Palawan, Filipina, memperlihatkan beberapa tulang punggung dan iga dari hewan tersebut," ujar Leonardo Piccini, geolog dari University of Florence.

Penemuan fosil dari spesies sapi laut tersebut diumumkan di Filipina. Piccini mengatakan bahwa cukup langka untuk menemukan fosil dari jaman Miocene, sekira 20 juta tahun yang lalu. Demikian seperti yang dikutip dari Red Orbit, Rabu (8/6/2011).


Sapi laut


"Ini adalah fosil pertama jenis sapi laut purba yang ditemukan di wilayah tersebut. Jadi sangat penting, untuk merekonstruksi habitat dari hewan yang bersangkutan di jaman Miocene," jelasnya.

Sementara pihak AFP, Rabu (8/6/2011), melaporkan bahwa fosil dari sapi laut jenis tersebut biasanya ditemukan di India, juga di Madagaskar, Pakistan, Sri Lanka dan pulau Jawa.

"Spesimen yang ditemukan di pulau Plawan mewakili penemuan pertama fosil sapi laut di Filipina," kata Piccini.

Ilmuwan Fedrico Panti dan Paolo Forti, anggota dari ekspedisi Palawa, menyatakan bahwa fosil yang ditemukan berasal dari satu di dua jenis sapi laut yang sudah punah. "Hewan ini memiliki ukuran panjang enam kaki," ujar mereka.

Saat ini ada dua jenis sapi laut yang masih hidup, mereka hidup di wilayah Indo-Pasifik dan lautan Atlantik.

Saat ini pemerintah Filipina melindungi situs penemuan fosil tersebut, yang telah menjadi tujuan objek wisata terbaru dari para turis.

sumber : adipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews