visitor

Selasa, 21 Juni 2011

Robot Ini ternyata Mampu "Belajar" Membuat Sketsa!


Ajaib, Robot Ini Mampu "Belajar" Membuat Sketsa!
Kemajuan teknologi dan keceradasan buatan akhir-akhir ini memang luar biasa sekaligus sedikit mengerikan. Bagaimana tidak, robot yang satu ini mampu belajar (bukan diprogram) membuat sketsa hanya dengan mengamati seorang seniman melakukannya!
Inilah AIKON-II, robot yang dikembangkan oleh Professor Frederic Fol Leymarie ini mampu membuat sketsa setelah dilatih oleh seorang seniman Patrick Tresset.
Ada dua jalur penelitian utama yang dilakukan dalam Proyek Aikon: Pertama mempelajari sketsa dari arsip dan catatan yang ditinggalkan oleh sang seniman dan yang kedua berdasarkan ilmiah kontemporer dan ilmu pengetahuan teknologi.
Menurut Prof. Fol Leymarie: "Meskipun baru sebagian, ilmu pengetahuan yang dikumpulkan dalam sistem neurobiologi dan preceptual kami cukup maju, sehingga apabila dipadukan dengan hardware komputasi, penglihatan, dan kecerdasas buatan masa kini, kami kini mampu mencoba menciptakan simulasi komputasi yang canggih dari setidaknya kemampuan mengindentifikasi persepsi dan kognitif yang terlibat dalam proses mensketsa wajah oleh seorang artis."
Adapun kelemahan dari sistem ini adalah ketidakmampuan untuk mengenali apa itu yang disebut menggambar. Langkah selanjutnya yang sedang dikerjakan oleh Tresset dan Prof. Fol Leymarie adalah untuk membuat mesin ini mampu mengenali dirinya sendiri dan menggambar sesuai stylenya sendiri.
sumber : hariansobek.com

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews