visitor

Minggu, 30 Oktober 2011

fakta hujan yang menarik untuk kita fikirkan.........


 

Hujan, adalah sesuatu yang alamiah terjadi di alam ini. kita biasa mengartikan hujan itu jatuhnya air dari langit ke bumi. sekilas memang tiada yang aneh dengan hujan, air menguap dari bumi menuju atmosfer,  terbentuklah awan, kemudian awan tertiup oleh angin menuju suatu daerah tertentu, awan tersebut berkumpul pada daerah tertentu, lama-kelamaan mengembun dan akhirnya turunlah hujan.
mungkin itulah yang hanya terlintas di benak kita, tak ada yang luar biasa dengan turunnya hujan,  namun sesungguhnya bila kita fikirkan peristiwa hujan adalah sesuatu yang menakjubkan untuk kita fikirkan.allah swt berfirman “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.(ali imran :190)"
disaat air menguap ke atmosfer, setiap detiknya 16 juta ton air menguap ke atmosfer. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”. "Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur). (Qs. az-zukhruf : 11)"
 Setiap butiran air hujan yang turun bentuknya berubah ratusan kali setiap detiknya. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan ke bumi hanyalah 8-10 km/jam.Air yang jatuh ke bumi  kecepatannya yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi pasti akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan. 
Subhanallah... betapa hebatnya allah menciptakan hujan. hujan bukan hanya ni'mat bagi manusia tapi bagi seluruh makhluknya di muka bumi "Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" (Qs. Ar-rum :48) cobalah kalian perhatikan hewan-hewan setelah terjadinya turun hujan, cobalah kau perhatikan tumbuh-tumbuhan sesaat setelah turun hujan, rumput, ilalang, dan tanah mengeluarkan bau khas yang wangi. Bau ini terbentuk dari senyawa yang dinamakan "Petrichor". 
 Hujan adalah salah satu peristiwa dari sekian banyak kekuasaan allah yang menakjubkan untuk kita fikirkan. Begitu banyak kekuasaan allah di bumi ini, maha suci allah yang berkuasa atas segala sesuatu....
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan lanjut dan bumi (seraya berkata), “Ya Robb kami, tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka dipeliharalah kami dari siksa neraka.”(QS.Ali Imran :190-191)

30 Oktober 2011

Daftar pustaka  :
http://e-quran.dekrizky.info/tag/ayat-ar-rum-ayat-48
http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan
http://mentoring98.wordpress.com/2008/08/06/32-tadabur-ayat-qs-ali-imran-190-191/
http://terselubung.blogspot.com/2010/03/11-fakta-menarik-tentang-hujan.html
http://www.keajaibanalquran.com/earth_formationofrain.html
http://arief-rachmantyo.blogspot.com/2011/10/fakta-menarik-tentang-hujan.html#.Tqz-cXLnE2c
http://artiquran.wordpress.com/2011/02/19/surat-az-zukhruf-ayat-11-s-d-20/

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews