visitor

Minggu, 17 April 2011

anda ingin shalat khusyu? ini solusinya.......


khusyu adalah suatu yang penting dalam shalat, karena tanpa khusyu kita tidak akan mendapat ni'matnya shalat. khusyu adalah ruhnya shalat, khusyu adalah salah satu yang diperlukan oleh bathin kita selain ikhlas dan tawadhu.
permasalahan yang terjadi di masyarakat yaitu susahnya melaksanakan shalat secara khusyu. kenapa terjadi demikian? jawabannya semua terjadi karena kita tidak siap untuk melaksanakan shalat secara khusyu, masih terlena akan kehidupan dunia dan isinya yang sesungguhnya hanyalah fatamorgana.
bagaimana solusinya agar bisa shalat khusyu:
1. niat
niat adalah sesuatu yang penting dalam hal apapun dalam kebaikan, niat itu sangat penting sekali. dan ketika kita akan shalat kita harus mengetahui untuk apa kita shalat? ketahuilah shalat (shalat wajib 5 waktu) bukan hanya sebagai penggugur kewajiban saja, tapi harus dengan niat untuk mendapat rahmat allah atau untuk bersyukur kepada allah ataupun lainnya.
2. tahu siapa yang dihadapan kita ketika shalat
ketika kita shalat kita harus tahu siapa yang dihadapan kita. dalam shalat bearti kita sedang beromunikasi dengan yang maha besar, yang memiliki seluruh jagat raya ini, yaitu allah swt. apakah kita tidak malu oleh allah?, apabila ketika shalat kita malah memikirkan hal-hal dunia?
3. memahami bacaannya
dalam shalat kita harus faham apa yang kita baca misal ketika kita membaca surah al-fatihah kita harus mengerti apa isi dari surah ala-fatihah itu tiap-tiap ayatnya.
4. memperpanjang sujud
memperpanjang sujud juga merupakan sesuatu yang membantu kita untuk menambah kekhusyuan shalat kita.
5. hadirkan hati
hadirkanlah hati kita agar shalat kita bisa khusyu. bila hati kita mulai memikirkan hal-hal dunia ketika shalat, segeralah luruskan kembali hati kita agar shalat kita tidak sia-sia
6. ni'matilah ibadahmu !
ini adalah sesuatu hal yang penting untuk meraih kekhusyuan dalam shalat. hal ini tidak hanya dalam shalat saja tetapi dalam hal ibadah lainnnya. menikmati iabadah berarti melakukan sesuatu tidak terburu-buru tetapi secara enjoy atau perlahan-lahan. ketahuilah bahwa bila shalat kita dinikmati maka konsentarsi akan diraih.
ingatlah salah satu ciri-ciri orang yang beriman dalah orang yang khusyu dalam shalatnya (surah almu'minun:2).

wallahu'alam bissawab

28 desember 2010

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews