visitor

Kamis, 14 April 2011

mengapa kita berkedip?

Kita berkedip karena mata kita tidak boleh kering, dan kita kedip untuk menjaganya supaya tidak kering.
Kalau kita mengemudikan mobil dalam cuaca buruk, sangat penting untuk mempunyai penghapus kaca yang bekerja dengan baik.
Namun, penyapu kaca mobil yang paling baik pun tidak dapat dibandingkan dengan “penyapu kaca” yang diberikan alam pada mata kita.

Kelopak mata kita yang bergerak naik turun ketika kita berkedip, adalah penyapu kaca alamiah kita. Kelopak mata terbuat dari lipatan kulit, dan dapat digerakkan naik turun oleh otot khusus. Tapi gerakannya sangat cepat
sehingga tidak mengganggu penglihatan kita.

Hal yang cukup mengherankan dengan kelopak mata kita, adalah ia bekerja secara otomatis seperti penyapu kaca mobil kita. Kita berkedip setiap enam detik!
Ini berarti, seumur hidup kita membuka dan menutupnya sekitar seperempat bilyun kali!

Mengapa berkedip penting bagi kita? Bagaimana berkedip dapat melindungi mata kita? Salah satu alasannya ada hubungannya dengan bulu mata kita. Ini adalah rambut pendek yang melengkung yang menempel ke setiap kelopak mata. Tugas mereka adalah menangkap
debu yang mungkin masuk ke mata kita. Kalau kau berjalan di tengah hujan atau badai pasir, kelopak mata otomatis menurun dan bulu mata menjaga agar benda asing tidak masuk.
Sedangkan alis membelokkan air hujan atau keringat ke samping sehingga
tidak menetes ke dalam mata kita.

Tapi keuntungan yang utama dari berkedip adalah ini memberikan pelumasan otomatis dan pengairan pada mata. Di sepanjang tepian setiap kelopak ada dua puluh atau tiga puluh kelenjar sebaceous. Kelenjar ini mempunyai bukaan di antara bulu mata.
Setiap kali kelopak mata kita menutup, kelenjar ini bekerja dan mengeluarkan sekresi.
Sekresi ini melumasi tepi kelopak mata dan bulu mata, sehingga bola mata tidak kering.

Beginilah berkedip memberikan “pengairan” pada mata. Pada setiap mata, kita mempunyai kelenjar air mata di mana cairan air mata disimpan. Setiap kali kita berkedip, kelopak mata memberi tekanan pada bukaan kelenjar air mata dan mengeluarkan sedikit cairan.
Ini menjaga agar mata tidak kering. Kita dapat berkata bahwa kita “menangis” setiap kali kita berkedip!
sumber : kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews