visitor

Jumat, 15 April 2011

penyebab sakit kepala, apa saja sih?



Penyebab serangan sakit kepala yang terkadang kita alami bukan hanya berasal dari suara bising atau stress karena deadline pekerjaan. Ada beberapa penyebab serangan sakit kepala. Kita bisa menghindari sakit kepala itu dengan terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebabnya.
Berikut beberapa penyebab sakit kepala :
1. Kecemasan
Ketika kita merasa cemas yang ekstrim, kita akan cenderung merasakan sakit kepala.
2. Cahaya Silau
Relaksasikan mata anda. Cahaya yang terlalu menyilaukan bisa membuat tekanan pada otot mata sehingga bisa menyebabkan sakit kepala. Cahaya silau yang dimaksud bisa berasal dari sinar matahari, cahaya lampu, dan monitor TV atau komputer.
3. Pola Tidur dan Makan
Melewatkan makan pagi atau berpuasa tanpa adanya persiapan bisa menyebabkan anda sakit kepala. Terutama bagi anda yang memutuskan untuk tidak makan apapun dan tidur kurang atau lebih dari 7-9 jam perhari. Pola tidur anda, termasuk tidur siang, sangat penting.
4. Obat-obatan
Beberapa pengobatan yang anda lakukan bisa menjadi serangan potensial untuk terkena sakit kepala. Jika anda merasa sakit kepala yang anda rasakan sebagai efek samping pengobatan sangat mengganggu, tanyakan dokter untuk mengganti obat tanpa atau dengan efek samping yang lebih ringan.
5. Aktivitas Fisik
Latihan fisik yang berat dapat membuat otot di kepala, leher bahkan kulit kepala membutuhkan darah lebih untuk sirkulasi. Hal ini dapat membuat pembuluh darah membengkak. Hal inilah yang disebut dengan sakit kepala exertional.
6. Hormon
Untuk wanita yang sedang mengalami siklus haid, sakit kepala dan migrain merupakan hal yang berkaitan dengan tingkat hormon estrogen di dalam tubuh. Jika hormon estrogen dalam tubuh anda fluktuatif, maka kemungkinan anda bisa terserang sakit kepala.
sumber: blomada 

0 komentar:

Posting Komentar

setelah baca, jangan lupa komentar ya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

connect with us

Archives

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews